Kamis, 27 Februari 2014

PAULUS WATERPAUW MENGABDI DENGAN HATI

Buku adalah sumber ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari oleh manusia. Buku memuat ilmu, sejarah serta cerita yang dapat dihikmahi nilainya dan dijadikan bekal untuk keperluan tertentu. Setiap manusia yang hidup di dunia ini mengalami fase kehidupan mulai dari lahir hingga menginjak dewasa. Bersumber dari itu, saya mencoba menuliskan perjalanan hidup saya dengan maksud untuk memberikan inspirasi dan motifasi bagi generasi saya khususnnya sebagai anak Papua. Dewasa ini, saya melihat fenomena generasi muda yang sangat memperihatinkan khususnya di Papua berupa munculnya sifat-sifat pragmatisme yaitu sifat ingin mendapatkan sesuatu tanpa percaya dengan adanya proses. Melihat itu saya ingin mencoba mengajak generasi muda khususnya anak Papua untuk bangkit dan memaknai kehidupan ini lewat sebuah proses sebelum kita mencapai cita-cita kita. Bukan bermaksud membanggakan diri atau menyombongkan diri namun lebih pada sisi kemanusiaan yang tersentuh melihat fenomena yang terjadi akibat dari perkembangan globalisasi yang semakin hari semakin memberikan implikasi kepada tatanan hidu generasi muda.

Menyikapi hal itu saya mulai berpikir untuk memberikan gambaran akan proses panjang kehidupan saya yang saya maksudkan untuk memberikan inspirasi kepada generasi saya khususnya di Papua. Buah pikir tersebut coba saya tuangkan ke dalam buku Biografi yang ditulis oleh Sdr. Ensa Wiarna dan Sdr. Rudi Hartono yang diarahkan oleh Prof.Dr.H. Asep Kartiwa, Drs.,SH.,MS yang juga Guru Besar Administrasipublik Fakultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjajaran Bandung . Biografi tersebut memuat perjalanan panjang saya Paulus Waterpauw dari seorang anak Papua yang mengarungi kehidupan dan mencapai sesuatu yang saya yakini berkat dari hasil kerja keras serta komitmen diri yang ingin berhasil dan menjadi seseorang, from hero to Zero. Selain itu saya juga menuangkan pemikiran-pemikiran saya tentang pentingnya membangun wawasan kebangsaan lewat karya tulis yang juga saya camtumkan sebagai referensi generasi muda untuk memaknai pentingnya Pancasila sebagai pedoman hidup dan menjiwai nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Muatan yang tertulis dalam Biografi yang menceritakan bagaimana saya terlahir di lingkungan keluarga yang sederhana dan mengarungi ruang dan waktu hingga meniti karier Kepolisian di Surabaya Hingga Jakarta dan melewati tantangan-tantangan kehidupan. Suka duka semuanya saya curahkan ke dalam Biografi, perjalanan penjang yang saya harapkan dapat bermanfaat bagi kehidupan generasi saya berikutnya. Dan Puji Tuhan, atas kasih dan Karunianya, pada tanggal 31 Desember 2013 Buku tersebut telah di launching di Hotel Aston Jayapura, Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar